Semua tentang pengertian-pengertian oleh ahli dibahas diblog ini

iklan

Contoh Perubahan Sosial dalam Kehidupan Bermasyarakat

Sebelum membahas Contoh Perubahan Sosial, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu, sebenarnya apa itu perubahan sosial. Perubahan sosial sebenarnya lebih mengacu pada sebuah perubahan dalam proses tata sosial dalam masyarakat.

Beberapa perubahan sosial ini termasuk juga perubahan dalam lingkungan, lembaga, perilaku dan juga hubungan sosial. Selain itu, perubahan sosial juga bisa mengacu pada gagasan untuk sebuah kemajuan sosial dan juga evolusi sosial dan budaya.

Perubahan sosial sendiri biasanya dapat berlangsung dengan sangat cepat atau pun lambat dan umumnya sangat tidak bisa disadari oleh masyarakat dalam sebuah negara. Karena hanya beberapa orang yang mengetahuinya ketika orang tersebut mulai membandingkan kehidupan sosial di masa lalu dan masa saat ini.

Perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat biasanya dapat terjadi masyarakat itu sendiri menginginkan sebuah perubahan.

Perubahan Sosial

Perubahan ini juga bisa terjadi karena adanya sebuah dorongan dari luar sehingga dengan secara tidak disadari masyarakat sudah ikut dalam perubahannya. Dan secara singkat berikut ini adalah beberapa contoh dari perubahan sosial yang bisa anda sadari diantaranya:

1.Cara Dalam Berkomunikasi
Internet sudah melakukan perubahan sosial dari cara seseorang melakukan komunikasi antar individu atau pun kelompok. Saat ini hampir semua orang sudah sangat terbiasa dengan cara berkomunikasi yang dilakukan secara tertulis yang mana melalui aplikasi chatting yang sudah disediakan. Dengan demikian komunikasi dirasa lebih mudah, hemat dan juga jauh lebih cepat sehingga makin mendorong orang untuk tetap berkomunikasi walaupun memiliki jarak yang jauh.

2. Terjadinya Perang
Perang bisa membuat sebuah perubahan sosial secara total dari kehidupan masyarakat. Beberapa kelompok masyarakat yang dapat bersatu dan melawan musuh atau ada juga beberapa kelompok masyarakat yang akhir terpecah belah karena terjadinya perang ini.

3. Perubahan Yang besar
Jika ada sebuah gerakan masyarakat dalam jumlah yang cukup besar bisa menjadi salah satu contoh terjadinya perubahan sosial. Dan salah satu contohnya adalah gerakan masyarakat dari Suriah atau gerakan dari mahasiswa indonesia pada tahun 1998.

4. Terjadinya Perkembangan Zaman
Perkembangan dari zaman adalah salah satu Contoh Perubahan Sosial. Seperti yang kita ketahui jika saat ini ada banyak orang yang pada akhirnya memilih untuk sibuk untuk bekerja jika dibandingkan dengan ikut bersosialisasi dengan lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Acara berkumpul bersama dengan masyarakat saat ini makin lama makin ditinggalkan karena masyarakatnya memiliki kesibukan masing – masing.

5. Terjadinya akulturasi
Akulturasi yang terjadi pada dua masyarakat yang cukup berbeda juga bisa merubah tata cara kehidupan sosial dari lingkungan masyarakat tersebut. Kedua masyarakat akan menjadi satu kesatuan masyarakat.

6. Karena adanya perubahan
Adanya seseorang atau sekelompok orang yang berhasil mengubah masyarakat ke arah yang jauh lebih baik ini adalah salah satu Contoh Perubahan Sosial. Misalnya adalah untuk hidup sehat dengan melakukan olahraga atau mengajak untuk mencintai lingkungan.

7. Terjadinya Revolusi Industri
Revolusi industri yang dulu pernah terjadi di Inggris membuat sebuah perubahan sosial yang terjadi sangat besar. Dan salah satunya yang sangat terlihat adalah perbedaan yang sangat jauh dari hubungan buruh dan juga majikan yang semakin terlihat menjauh.

Itulah beberapa Contoh Perubahan Sosial yang sangat terlihat di kehidupan masyarakat saat ini. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Perubahan sosial terjadi dari sebuah lingkungan masyarakat ini sendiri sebenarnya bukan dikarenakan faktor luar saja, tapi juga bisa terjadi karena faktor internal dari masyarakat itu sendiri yang menginginkan sebuah perubahan sosial.

Previous
Next Post »

13 komentar

Rahayu Wiandra delete September 21, 2016

Artikelnya bagus mas, ini bs jd acuan belajar untuk anak sekolah yg mencari tugas sosial...^^

Maman Achman delete September 21, 2016

Perubahan yang terjadi cukup membuat kita was-was ya mas, semua butuh kekuatan kita untuk menghadapinya agar tidak tergeser oleh kerasnya perubahan yang kian cepat..

Maman Achman delete September 21, 2016

Sedikit saran, agar artikelnya lebih banyak di sahre supaya banyak yang memperoleh manfaat dari artikel ini... Bukan begitu non..?

Rezky Alfian delete September 21, 2016

Benar sekali mas, kita harus was-was dan berhati-hati tentunya. Karena perubahan sosial bukan hanya yang positif saja, namun banyak juga yang negativ nya

Rezky Alfian delete September 21, 2016

Bantu share dong hehe :D

Maman Achman delete September 22, 2016

oke siaappp, hehe...

ikhsan maulana delete September 22, 2016

saya paling menakutkan yaitu point no.4 mas, ya benar acara kumpul bareng masyarakat sekarang sudah hampir ditinggalkan, ya seperti gotong royong, jaga pos ronda.. meskipun itu hal sepele tapi sulit untuk di jalankan ...
dan benar sekali masyarakat sekarang lebih memilih kesibukanya masing masing padahal acara kumpul masyarakat itu penting loh.. :)

Effendi nurdiaman delete September 23, 2016

sip yang paling utama bener banget yaitu cara dalam berkomunikasi jelas berbeda tidak seperti biasanya komunikasi tatap langsung sekarang sudah terhalang oleh handphone atau yang lainnya

Rezky Alfian delete September 24, 2016

Jangankan mau kumpul bareng Masyarakat mas, kumpul keluarga saja mungkin agak sulit, tapi tidak terlalu sulit :)

Rezky Alfian delete September 24, 2016

Smartphone merubah segalanya mas :)

ikhsan maulana delete September 24, 2016

iya betul tuh mas, apalagi dalam keluarga besar ...

Rezky Alfian delete September 29, 2016

Mungkin kalau mau kumpul keluarga besar, paling ada acara gitu ya mas...

Anonymous delete November 10, 2016

skoliosis otak kali 18 kubik

Maaf, komentar kamu akan aku moderasi terlebih dahulu, supaya aku tahu kalau ada komentar baru yang masuk, terima kasih telah berkomentar diblog ini :)
EmoticonEmoticon

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *